Tuk Bima Lukar

Tuk bima lukar

TUK BIMALUKAR

Mitos tentang tuk bima lukar yang konon katanya menurut warga Sekitar masyarakat Dieng memiliki sumber mata air Suci yang membuat awet muda.  Salah satu obyek wisata Dieng yang masih memiliki mitos dengan sejarahnya yang langka di kawasan ini yaitu “Tuk bima lukar”. Sumber mata air ini di yakini mengalir dari Gunung prau dieng hingga berkahir di samudera Hindia (laut selatan)

Obyek wisata ini di kenal dengan hulu sungai serayu. Sungai serayu mengaliri sepanjang area kawasan wisata Dieng hingga menuju kabupaten banjarnegara Jawa tengah. Obyek wisata tuk bima lukar memiliki setidaknya ada 3 pancuran. Ke tiga pancuran ini adalah menjadi pusat atau sumber mata air dari tuk bima lukar.

Mitos yang sangat kental dari cerita mata air tuk bima ini adalah sejarah dari kisah tokoh pewayangan yang sangat terkenal yaitu mahabarata. Legenda mengatakan bahwa mata air tuk bima lukar adalah tempat yang di gunakan mandi oleh sang Bima. Sehingga dari jaman dahulu mata air tuk bima lukar di percayai bisa membuat awet muda bagi yang  mandi di obyek wisata tuk bima lukar.

Terletak di pintu masuk menuju dataran tinggi Dieng (Dieng wetan) Kecamatan kejajar, kabupaten Wonosobo. Obyek wisata tuk bima lukar adalah salah satu obyek wisata yang menyimpan banyak sejarah yang terkait dengan obyek-obyek wisata Dieng lainya yang tersebar di dataran tinggi Dieng. Maka akan sangat menarik untuk mengupas mitos atau sejarah dari obyek wisata ini.

Sisi lain Tuk bima lukar

Sisi lain dari sejarah obyek wisata ini adalah, terdapat keunikan dari dua patung di bagian kanan dan kiri. Dua patung ini menggambarkan ucapan selamat datang sebelum masuk ke desa dataran tinggi Dieng. Patung yang sengaja di buat pada jaman abad ke 8 ini, merupakan sebuah simbolis awal pintu masuk negeri atas awan Dieng. Di temukan pada abad ke 8 berbarengan dengan penemuan arca-arca yang tersebar di Dieng lainya. Kedua patung ucapan selamat datang ini, hingga saat ini masih kokoh dan berdiri tegak tak lapuk termakan usia.

Follow us on Instagram : @explorediengtour.id