Hikayat Rambut Gembel

hikayat rambut gembelSebuah cerita culture yang menarik dan sangat langka yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng. Ada beberapa mitos mengisahkan anak bajang Dieng (Anak rambut Gimbal) konon rambut gimbal tersebut di percayai oleh warga desa wisata Dieng. Adalah sebuah titipan dari kyai Kolodete, Warga Dieng sangat mempercayai akan sebuah mitos tersebut. Sehingga lahirlah cerita legenda dieng yang di kenal dengan hikayat rambut gembel dieng.

Hikayat Rambut Gembel

Kyai kolodete adalah legenda atau cikal bakal dari tanah perdikan dataran tinggi Dieng. Kyai kolodete pernah bersumpah bahwa beliau tak akan mencukur rambut gimbal nya sebelum desa Dieng makmur. Sehingga Dia menitipkan hikayat rambut gembel nya kepada anak anak yang baru lahir. Warga Dieng percaya hanya anak-anak yang terpilih lah oleh sang legenda di warisi hikayat rambut gembel tersebut. Ketika anak ber usia 8-12 tahun rambut titipan sang legenda tersebut harus di potong. Dengan persyaratan dari si anak bajang (Permintaan yang harus di turuti anak rambut gimbal)

Anak rambut gimbal sang titipan dari kyai kolodete ini, tersebar di tengah-tengah desa yang meliputi kawasan dataran tinggi Dieng. Tak ada garis keturunan khusus dari anak bajang tersebut. Beberapa warga Dieng berpendapat tentang ritual pencukuran rambut gimbal ini, apa bila persyaratan dari si anak berambut gimbal tidak di turuti maka akan berakibat negativ pada anak-anak tersebut

Kebiasaan anak berambut gimbal cenderung aktif. Tak berbeda jauh dari anak-anak lainya, Pada saat tertentu anak berambut gimbal bisa memiliki sifat emosional yang cukup tinggi di bandingkan anak normal lainya. Namun apa bila pemotongan rambut gimbal sudah di lakukan, sifat emosional dari si anak tersebut bisa kembali terkendali. Itulah mengapa anak-anak berambut gimbal ini, memiliki sifat yang beda dari anak-anak normal lainya. Cepat tanggap dan mampu mencerna setiap perkataan orang yang di dengarnya, anak berambut gembel di percaya memiliki keahlian di luar nalar (batas wajar). Sehingga gestur dari anak-anak yang berambut gimbal, dengan mudah nya bisa menjalin hubungan yang akrap (harmonis) dengan anak-anak lainya.

Follow us on Instagram : @explorediengtour.id