Candi sembrada

Candi sembrada

Sebuah relief bangunan mungil dari salah satu kompleks candi pandawa 5 ini terletak di sebelah selatan dari masing-masing kelima candi pandawa. Tidak ada arca yang unik menggambarkan candi ini, namun Candi sembrada juga memiliki peran penting dan kerap kali digunakan oleh hindunisme pada masa nya. Karena di ketahui bahwa candi ini terdapat unsur mistis atau lebih tepatnya di gunakan untuk pemujaan dewa utama siwa. Selain itu uniknya candi ini terletak di sebelah paling selatan.

Candi sembrada pada masa era wangsa sanjaya. Dilibatkan oleh para petinggi hinduisme yang berada di dataran tinggi Dieng. Untuk kepentingan acara ritual, selain melibatkan beberapa candi yang lain seperti candi Arjuna, dan candi Semar. Candi sembrada juga terdapat sebuah simbolis patung lingga yoni yang tertanam di dalam bangunan candi tersebut. Lain halnya dengan simbolis patung lingga yoni yang terpahat di candi Arjuna. Patung ini sudah hancur lebur termakan oleh usia yang berabad-abad, relung arca juga sudah tidak memiliki bentuk jelas dari bagian pahatan sebelah timur bagian Candi sembrada.

Terdapat lorong-lorong kecil dari pahatan relung arca Candi sembrada. Bagian ini nampak jelas mengelilingi dan memutari ornamen bangunan Candi ini. Tidak terlalu banyak sumber yang mengatakan apa sejarah dari penggambaran arca-arca tersebut. Namun bangunan dari candi ini masih terlihat sangat kokoh dan mungil, hingga sekarang. Bagian atas nya pun juga tidak memiliki ciri khas yang menonjol seperti ciri khas umum candi hindu yang lainya. Bagian dari atas candi ini terlihat datar dan tidak memiliki kemuncak seperti candi arjuna. Sisi hal yang unik dari atas bangunan candi ini. Juga menggambarkan beberapa arca dewa-dewi hindu. Yang menjadi pujaan oleh hinduisme pada masa lampau.

Candi sembrada dan kisahnya

Candi sembrada sesuai dengan nama tokoh pewayangan yang di kisahkan dalam “Mahabrata” yaitu adalah nama seorang sosok perempuan. Yaitu di kenal dengan nama “Dewi subrada” sosok perempuan dewi subrada, memiliki kisah yang lainya di kisahnya. Yaitu pernah di persunting oleh sang pangeran Arjuna.

Baca juga tentang sejarah dari kisah candi pandawa 5 Dieng   

Follow us on Instagram : @explorediengtour.id