Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Bukit sikunir Dieng merupakan kawasan wisata alam yang paling sering di kunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung di dataran tinggi Dieng. Selain menjadi primadona di kawasan wisata dieng. Bukit ini dinobatkan menjadi salah satu sunrise terbaik di wilayah indonesia maupun asia tenggara. Panorama alam yang menarik serta Golden sunrise yang langka dapat anda temui di kawasan ini. Terdapat beberapa spot menarik untuk melakukan hunfot (Hunting foto) saat golden sunrise muncul dari ufuk timur sang terbitnya fajar yang elok cantik mengelilingi puncak bukit sikunir ini.
Selain panorama alam yang menabjukan dan selalu menjadi primadona di kawasan Dieng. Bukit ini juga berdekatan dengan obyek wisata lainya yg juga tak kalah menariknya untuk bisa anda kunjungi. Sebut saja wisata alam danau telaga cebong yang terletak di area parkir Bukit sikunir. Selain telaga cebong desa di kawasan wisata Bukit sikunir ini pun. Dijuluki sebagai desa tertinggi di Dieng, bahkan di jawa tengah. Yang lebih dikenal oleh para warga sekitar bernama “Sembungan” (Sembungan village) Desa sembungan memiliki ketinggian sekitar 2.306 mdpl (meter di atas permukaan laut). Terletak di tengah-tengah wilayah Dieng. Desa sembungan memiliki udara yang paling dingin di antara desa desa lainya yang tersebar di desa Dieng. Tak jarang jika anda melewati desa ini, anda akan di sambut dengan beberapa hal unik, yaitu anda dapat menemui anak anak kecil yang berambut gimbal, yang kerap kali muncul di daerah desa sembungan ini.

View dari Bukit sikunir

Puncak bukit sikunir sendiri memiliki banyak view-view menarik ketika golden sunrise muncul dari spot atas bukit ini. Terdapat beberapa view menarik di antara tengah-tengah lautan awan yang menyambut dinginya pagi di sini. Sebut saja gunung sindoro , sumbing, lawu, ungaran, gunung-gunung ini yang akan menyambut anda saat pagi menjelang di puncak sikunir disertai dengan balutan lautan awan memukau di kawasan puncak Bukit sikunir. Itulah mengapa dataran tinggi Dieng juga di kenal dengan “Negeri atas awan”

Bukit Sikunir
Berjarak sekitar 2-3 kilo meter dari kompleks candi arjunaBukit sikunir tak pernah sepi dikunjungi oleh para pengunjung hampir setiap akhir pekan dan tak jarang terjadi kemacetan di area desa sembungan (pintu masuk obyek wisata bukit siknir)  selain panorama alam yang memukau harga tiket masuk obyek wisata sikunir HTM Rp.10.000 (Per-orang) sebuah harga yang relatif ekonomis untuk menyaksikan golden sunrise yang langka yang hanya akan anda temui di kawasan wisata alam dieng. Bagi anda yang ingin mengunjungi obyek wisata alam Bukit sikunir persiapkanlah jaket tebal, sarung tangan, kupluk.  Mengingat udara di kawasan ini sangat dingin.

Follow us on Instagram : @explorediengtour.id